Jumat, 27 April 2012

Laporan Akhir LAB. INTERNET DASAR

1. Jelaskan tentang arsitektur search engine?

Jawab:

search engine adalah sebagai mesin pencari yang menampilkan informasi berdasarkan permintaan dari user


Adapun beberapa jenis search engine, antara lain:


A. Spider, sebuah program yang bekerja untuk mengambil halaman-halaman yang ditemkannya. ini hampir sama dengan browser.
B. Crawler,  merupakan program yang dimiliki search engine yang bertugas menelusuri setiap link yang ada disebuah website.
C. Indexer, bertugas untuk mendeskripsikan suatu halaman web site dan menganalisa berbagai unsur didalamnya.
D. Database, bertugas sebagai tempat meletakan data-data sebelumnya yang telah di download oleh spider. 
E. Result Engine, bertugas untuk menggolongkan suatu web site dan menentukan suatu perangkingan dalam hasil pencarian yang diminta user.




2. Sebutkan dan jelaskan tips dan trik menggunakan fasilitas search engine? 


Jawab:



  • Jangan gunakan keyword yang terlalu umum . Seberapa banyak hasil pencarian yang anda peroleh hanya dengan memasukkan kata kunci telescope dalam search engine. Jelas berbeda, dengan apabila anda menggunakan kata kunci berupa teleskop dari jenis ataupun merk tertentu.
  • Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh. Beberapa search engine mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Kata kunci yang diapit oleh tanda kutip biasanya akan memberikan hasil yang lebih akurat. 
  • Masukkan keyword secara singkat namun jelas. Banyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga dapat mengacaukan hasil pencarian dan perhatikan juga ejaan dari kata kunci yang anda masukkan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat memperoleh hasil yang jauh dari harapan.
  •  Gunakan search engine yang tepat . Sebagian search engine saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Disamping itu, banyak pula pengelola situs search engine yang kolaps, lantas tidak lagi mengupdate databasenya. Untuk saat ini, Yahoo dan Google merupakan pilihan yang paling terpercaya. 
  • Gunakan operator Boolean . Kata kunci “AND”, “OR”, “NOT”, dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik.




3. Tuliskan kesan dan pesan Lab. Internet Dasar 


Jawab:


Kesan:
Menurut saya Lab. Internet Dasar sangat bagus dan menarik pelajarannya. saya sangat antusias belajar disana. Walau awalnya saya kaget dengan fasilitas yang ada, tetapi itu tidak menjadi penghalang untuk saya belajar disana. Saya juga senang belajar di sana karena untuk mendapatkan +20 dan +Max cukup mudah, walau untuk mendapatkan +Max kita harus lebih sedikit sulit karena akan ditannya oleh asisten lab dan temen-teman semua... saya juga mau ngucapin terima kasih kepada kk asisten Lab. Internet Dasar karena telah menambah ilmu saya... ^^ hehehehe...


Pesan:
Pesan saya g banyak-banyak kok, hanya perbaiki fasilitasnya.. supaya mahasiswa yang belajar di Lab. Internet Dasar lebih bersemangat lagi. kan kalau anak-anaknya bersemangat kk asisten juga akan bersemangat ngajarinnya.. hehehehe  


Jika ada kesalahan kata-kata di atas mohon di maafkan ^__^

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar